Mesin Alat Berat – Excavator adalah alat berat yang terdiri dari lengan (arm), boom (bahu) serta bucket (alat keruk) dan digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dimotori dengan mesin diesel dan berada di atas roda rantai (trackshoe). Excavator merupakan alat berat paling serbaguna karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan alat berat lain.

Sesuai dengan namanya (excavation), alat berat ini memiliki fungsi utama untuk pekerjaan penggalian. Namun tidak terbatas itu saja, excavator juga bisa melakukan pekerjaan kontruksi seperti membuat kemiringan (sloping), memuat dumptuck (loading), pemecah batu (breaker), dan sebagainya. Karena perannya yang multifungsi, maka excavator selalu ditampilkan dalam segala jenis pekerjaan berat baik di darat maupun di atas air.

Di Indonesia, excavator sering disebut bego/beko, yang diambil dari bahasa inggris backhoe yang berarti aktor belakang. Backhoe sendiri adalah excavator mini yang ditempelkan di belakang mesin tracktor dan biasanya digunakan untuk pekerjaan di lahan-lahan pertanian di Amerika Serikat.

Sejarah excavator. Excavator pertama kalinya diciptakan pada tahun 1835 oleh seorang ahli mekanik asal Amerika Serikat yang masih berumur 22 tahun bernama William Smith Otis. Pada awalnya excavator hanya bisa berjalan di atas rel kereta api dengan dimotori oleh mesin uap dan digunakan untuk pekerjaan penggalian pembuatan jalan kereta api. Kemudian pada tahun 1839 Otis menerima hak patent atas karya temuannya ini. Namun, tidak berapa lama sang penemu excavator ini meninggal dunia di usia yang ke 26 tahun.

Fungsi Excavator

Berikut adalah Fungsi atau kegunaan dari Alat Berat Excavator antara lain adalah : 

  1. Digunakan Untuk Menancapkan batang pondasi
  2. Dapat Digunakan Untuk Menggali parit, lubang, pondasi bangunan
  3. Dapat Digunakan Untuk Pekerjaan kehutanan
  4. Dapat Digunakan Untuk Penanganan material
  5. Dapat Digunakan Untuk Memotong semang dengan alat khusus
  6. Dapat Digunakan Untuk Pengerukan sungai
  7. Dapat Digunakan Untuk Pertambangan, terutama pertambangan pit terbuka
  8. Dapat Digunakan Untuk penghancuran
  9. Dapat Digunakan Untuk Perataan tanah
  10. Dapat Digunakan Untuk Angkut berat

Tujuan penggunaan Excavator

Tujuan dalam menggunakan alat berat excavator adalah untuk membantu melakukan pekerjaan pemindahan material dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mudah sehingga dapat menghemat waktu, Beberapa bidang dan industri yang menggunakan excavator antara lain konstruksi, pertambangan, infrastructure dan sebagainya. 

Mengenal Komponen Alat Berat Excavator

Mengenal Komponen Alat Berat Excavator
  • Bucket; digunakan untuk mengeruk tanah
  • Bucket Cylinder; Menggerakan Bucket
  • Arm; Mengayunkan Bucket naik turun
  • Arm Cylinder; Menggerakan Arm
  • Boom; Tuas utama yg digunakan untuk menggerakan Arm naik turun
  • Boom Cylinder; Menggerakan Boom
  • Tracker; Sebagai roda untuk Excavator
  • Kabin; Tempat mengendalikan Excavator

Kami PT. KMMI Sebagai PJK3 yang telah ditunjuk oleh kemanker sebagai penyelenggara training operator alat berat. Untuk Informasi Training atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat KMMI yg ada di bawah Page.

This image has an empty alt attribute; its file name is Logo-Whatsapp.png

BACA JUGA :

Mengenal Komponen Alat Berat Excavator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *