Pelatihan dan Sertifikasi Pengoperasian Peralatan Bantu (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Pada tahun 2015 tenaga air menghasilkan 16.6% total listrik dunia dan 70% dari seluruh energi terbarukan,[1] dan diperkirakan akan naik 3.1% per tahun sampai 25 tahun ke depan.

Tenaga air dihasilkan di 150 negara, dan kawasan Asia-Pasifik menghasilkan 33% tenaga air global tahun 2013. China adalah produsen tenaga air terbesar (920 TWh tahun 2013) menyumbang 16,9% kebutuhan listrik domestik.

Ongkos listrik tenaga air relatif rendah, menjadikannya sumber yang kompetitif untuk energi terbarukan. Pembangkitnya tidak menghabiskan air, tidak seperti pembangkit batu bara atau gas. Ongkos listrik rata-rata untuk pembangkit berukuran lebih dari 10 megawatt adalah 3 – 5 sen dolar AS per kilowatt-jam.[2] Dengan bendungan dan reservoir juga membuatnya sumber listrik yang fleksibel karena listrik yang dihasilkan dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan. Ketika sebuah kompleks tenaga air dibangun, maka tidak menghasilkan limbah langsung dan tingkat gas rumah kaca yang relatif lebih rendah daripada pembangkit listrik berbahan bakar fosil.[3]

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

Di banyak bagian Kanada (provinsi British ColumbiaManitobaOntarioQuebec, dan Newfoundland and Labrador) hidroelektrisitas digunakan secara luas. Pusat tenaga yang dijalani oleh provinsi-provinsi ini disebut BC HydroManitoba HydroHydro One (dulunya “Ontario Hydro”), Hydro-Québec, dan Newfoundland and Labrador Hydro. Hydro-Québec merupakan perusahaan penghasil listrik hydro terbesar dunia, dengan total listrik terpasang sebesar 31.512 MW (2005). (Wikipedia Indonesia)

Deskripsi Pelatihan dan Sertifikasi Pengoperasian Peralatan Bantu PLTA

Diklat  ini  berkaitan  dengan  pelaksanaan  Pengengoperasian  Alat  Bantu  PLTA, sesuai dengan Standar Perusahaan.

Tujuan Pelatihan dan Sertifikasi Pengoperasian Peralatan Bantu PLTA

Setelah  mengikuti  Diklat  ini  peserta  mampu  melaksanakan  Pengoperasian  Alat Bantu  PLTA sesuai  dengan  SOP/Instruksi  Kerja  yang  telah  ditetapkan  oleh Perusahaan.

Persyaratan Peserta

  1. Calon Pegawai yang akan bertugas mengoperasikan Alat Bantu PLTA
  2. Tenaga teknik/operator yang bertugas mengoperasikan Alat Bantu PLTA

Hubungan dengan Standar Kompetensi Perusahaan :

Diklat  ini  disusun  berdasarkan  kebutuhan  pengetahuan  dan  keterampilan  sesuai Standar Kompetensi PT. PLN (PERSERO) ; HPI (3), HPO(3) dan  Standar Kompetensi Personal ; KAA.OU.801 (1) A, KAA.OUI.801 (1) A.

Sertifikat Diklat

Sertifikat diberikan kepada peserta yang telah mengikuti Diklat dan dinyatakan lulus dengan nilai minimal 70 (Tujuh puluh) untuk setiap mata pelajaran.

Lingkup Bahasan / Mata Pelajaran Yang Diajarkan :

No.MateriJam Pelajaran (JP)
1Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja4
2Sikap Dalam Bekerja6
3Teori Dasar Listrik6
4Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA)6
5Membaca Gambar ( Print Reading )6
6Pengoperasian Pintu air dan Katup8
7Pengoperasian Alat Bantu PLTA16
8Pengisian Logsheet4
9Praktek Pengoperasian Alat bantu24
   
   
 JUMLAH64

 JP : Jam Pelajaran;  1 JP = 45 Menit; Pelatihan di Laksanakan selama 10 Hari (5 Hari Teori, 5 Hari Praktek) dan msh Tentatif.

OJT  :   3 kali   mengikuti pengoperasian PLTA

LOKAS TRAINING :

  • Autorun Training Center atau
  • Site Customer (In House)

METODE : Teori & Praktek

FASILITAS TRAINING :

  • Ruang Kelas nyaman ber AC
  • LCD Proyektor,
  • Hand-Out,
  • Lunch 1 x
  • Coffee break 2 x
  • APD di Pinjamkan,
  • Unit Praktek di sediakan

PERSYARATAN UMUM :

  • F.C KTP
  • F.C Ijazah Terakhir
  • Foto 2X3 & 3X4 Masing-Masing 4 Lembar Background Warna Merah.

BIAYA PENDAFTARAN : Rp 200.000,-

Utk Informasi Lebih Lanjut Pelatihan dan Sertifikasi Pembangkit atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat KMMI yg ada di bawah Page, atau Chat via WA kami Click.. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Logo-Whatsapp.png
Pelatihan dan Sertifikasi Pengoperasian Peralatan Bantu PLTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *