TRAINING PESAWAT ANGKAT ANGKUT

  • Training Alat Berat
    Training Alat Berat

PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI KEMNAKER RI OPERATOR PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT

1. PANDANGAN UMUM

Pesawat Angkat dan Angkut /Alat Berat adalah segala macam peralatan/pesawat mekanis termasuk attachment & implementasinya baik yang bergerak dengan tenaga sendiri maupun yang diam ditempat dan mempunyai daya lebih dari satu kilo-watt, yang dipakai untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan pada bidang konstruksi gedung, pertambangan, industri, pertanian dan lain-lain, sepanjang tidak merupakan alat processing langsung. Dalam pengoperasian alat-alat berat banyak hal dan aspek yang harus diperhatikan, mulai dari pengetahuan, keterampilan dan skill operator, prosedur pengoperasian alat, aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), aspek perawatan dan trouble shooting.

Alat berat ini merupakan peralatan teknik yang mengandung resiko bahaya tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja dan dapat menimbulkan kerugian baik terhadap harta maupun jiwa manusia bilamana tidak ditangani secara baik dan benar. Seiring dengan makin meningkatnya pembangunan di segala bidang diikuti dengan meningkatnya potensi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, disisi lain penggunaan-penggunaan alat dan peralatan dalam proses produksi di perusahaan dapat pula memberikan andil yang cukup besar terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja. Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya peningkatan pengetahuan K3 bagi para pekerja khususnya bagi para operator alat-alat berat.

Dengan adanya peningkatan kemampuan teknis bagi operator alat-alat berat, diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan kerja, sehingga sasaran pelatihan/pembinaan dan pengawasan sesuai sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat tercapai dengan mengenai sasaran.

2. DASAR HUKUM

  • Undang – undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1970 Nomor 1, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1918);
  • Undang – undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan  (Lembaran Negara Republik Indoensia Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4279);
  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor : 05/Men/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut;
  • Peraturan Menteri dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : Per.09/MEN/VII/2010 tentang Operator dan Petugas  Pesawat Angkat dan Angkut;
  • Surat Edaran Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Nomor: SE. No.01/DJPPK/VI/2009 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembinaan dan PEngujian Lisensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi Petugas dan Operator Pesawat Uap, Pesawat Tenaga dan Produksi, Pesawat Angkat dan Angkut.

C. MAKSUD, TUJUAN DAN SASARAN

C.1 MAKSUD

Maksud dilakukannnya kegiatan Pelatihan/Pembinaan Teknik K3 Alat-alat berat adalah untuk memberikan pengetahuan teknis K3 kepada Operator Alat-alat berat mengenai pemakaian/pengoperasian alat-alat berat yang aman, sedangkan tujuannya adalah untuk mengurangi angka kecelakaan kerja  yang disebabkan oleh kurangnya kemampunan/pengetahuan teknis operator alat-alat berat dalam mengoperasikan alat-alat berat.

PT Karya Master Mandiri Indonesia (PT KMMI)  adalah  Perusahan Jasa Pelaksana Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) yang ditunjuk oleh  Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan Keputusan No.360/BINWASK3-PNK3/PJK3/IV/2019 pada bidang kegiatan Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Angkat dan Angkut. Berkomitmen melayani jasa pembinaan dan sertifikasi klien individual, perusahaan swasta, BUMN, Pemda, Perkebunan, Perhutanan, Kelautan, Instansi Pemerintah dan para pihak yang berkepentingan.

C.2 TUJUAN

Tujuan mengikuti Pelatihan/Pembinaan Teknik K3, peserta diharapkan dapat memperoleh Program Pelatihan/Pembinaan  Teknik K3 dirancang untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan.

C.3 SASARAN

Setelah mengikti pelatihan/pembinaan peserta diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan tentang peraturan dan perundangan yang berlaku;
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan teknik K3 pesawat Angkat dan  Angkut; 
  3. Menjelaskan dan melaksanakan teknik K3 dalam pengoperasian Pesawat Angkat dan Angkut;
  4. Menjelaskan tentang fungsi-fungsi  perlengkapan unit alat –alat pesawat Angkat dan Angkut;
  5. Melaksanakan pengoperasian pesawat Unit Angkat dan Angkut;
  6. Menjelaskan dan melaksanakan perawatan dan pemeliharaan sesuai standar industri dan standar K3;
  7. Mampu meminimalkan resiko kecelakaan kerja  yang akan terjadi;
  8. Mendapatkan lisensi (SIO), Sertifikat dan Buku Kerja sebagai bukti pengakuan legalitas dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.                                                              

D. JENIS OPERATOR PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT

No. JENIS PELATIHAN & SERTIFIKASI Klik Detail
1. OPERATOR GONDOLA DETAIL
2.  OPERATOR JURU IKAT DETAIL
3. OPERATOR FLOATING CRANE DETAIL
4. OPERATOR DRILL/MOBIL CRANE DETAIL
5.  OPERATOR OVERHEAD CRANE DETAIL
6. OPERATOR TRUCK CRANE DETAIL
7.  OPERATOR PEDESTAL CRANE DETAIL
8. OPERATOR HOISTING CRANE DETAIL
9.  OPERATOR GANTRY CRANE DETAIL
10.  OPERATOR CRANE DETAIL
11.  OPERATOR MOBILE CRANE DETAIL
12.  OPERATOR REACH STACKER CRANE DETAIL
13. OPERATOR TOWER CRANE DETAIL
14.  OPERATOR RUBBER TYRED GANTRY CRANE DETAIL
15.  OPERATOR MOTOR GRADER DETAIL
16.  OPERATOR BULLDOZER DETAIL
17.OPERATOR EXCAVATOR DETAIL
18. OPERATOR WHEEL LOADER DETAIL
19. OPERATOR FORKLIFT DETAIL
20.  OPERATOR HARVESTER DETAIL
21.  OPERATOR VIBRO ROLLER/COMPACTOR DETAIL
22.  OPERATOR BACKHOE LOADER DETAIL
23.  OPERATOR TRAKTOR BACKHOE LOADER DETAIL
24.  OPERATOR SLIPFORM PAVER DETAIL
25. OPERATOR CONCRETE PUMP DETAIL
26.  OPERATOR DUMP TRUCK DETAIL
27.  OPERATOR SHOVEL DETAIL
28.  OPERATOR TRACTOR DETAIL
29. OPERATOR TRAILER TRUCK DETAIL
30.  OPERATOR PLATBED TRUCK DETAIL
31.  OPERATOR MIXER TRUCK DETAIL
32.  OPERATOR DONGKRAK MEKANIK DAN MESIN PANCANG DETAIL
33.  OPERATOR CONVEYOR DETAIL
34. OPERATOR TAKEL (CHAIN BLOCK) DETAIL
35. OPERATOR BORE PILE DETAIL

E. PERSYARATAN PESERTA PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT

  • Minimal berijazah SLTP/SLTA/Sederajat;
  • Memiliki pengalaman kerja 1 tahun dibidangnya;
  • Fotokopi surat keterangan sehat dari dokter;
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi KK;
  • Fotokopi Ijazah terakhir;
  • Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 sebanyak 4 lembar dengan background berwarna merah mengenakan kemeja.
  • BIAYA PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT

E.1 Kelas Reguler

       Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000 per peserta

       Biaya Pembinaan dan Pelatihan : Rp. 6.500.000* per peserta

       Note : (*) Kuota minimal per kelas yaitu 5 orang peserta

E.2 Kelas Inhouse

       Silahkan hubungi tim kami pada nomer berikut :

       CS KMMI      : 0813 8067 6001

       Novita           : 0822 5586 5735

       Novia             : 0857 4207 2993

       Mukhsin       : 0813 8999 6553

  • FASILITAS PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT

KELAS REGULER

  1. Kegiatan Teori dan Praktek;
  2. Hand Out Training per peserta;
  3. ATK per peserta;
  4. Sertifikat Teknik K3, Surat Ijin Operator (SIO) dan Buku Kerja Operator;
  5. Dokumen kelengkapan penerbitan SIO, Sertifikat K3 dan Buku Kerja Operator untuk pengajuan ke Kemenaker RI;
  6. Makan Siang dan Coffee Break (Pagi dan Sore) selama pelatihan berlangsung;
  7. Peminjaman Unit praktek dan APD.

KELAS INHOUSE

Silahkan hubungi tim kami pada nomer berikut :

CS KMMI        : 0813 8067 6001

Novita            : 0822 5586 5735

Novia             : 0857 4207 2993

 Mukhsin       : 0813 8999 6553

  • JADWAL PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT

Link Jadwal Tentatif Tahun 2020

Training Pesawat Angkat Angkut