Training Operator Genset

Training Operator Genset

TRAINING OPERATOR GENSET / PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI KEMNAKER RI “OPERATOR MESIN DIESEL

A. PANDANGAN UMUM

Pesawat Tenaga dan Produksi / Mesin Diesel dipakai untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan pada bidang konstruksi gedung, pertambangan, industri, pertanian dan-lain, sepanjang tidak merupakan alat processing langsung. Dalam pengoperasian  pesawat tenaga dan produksi banyak hal dan aspek yang harus diperhatikan, mulai dari pengetahuan, keterampilan dan skill operator, prosedur pengoperasian alat, aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3), aspek perawatan dan trouble shooting.

Pesawat tenaga dan produksi  ini merupakan peralatan teknik yang mengandung resiko bahaya tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja dan dapat menimbulkan kerugian baik terhadap harta maupun jiwa manusia bilamana tidak ditangani secara baik dan benar. Seiring dengan makin meningkatnya pembangunan di segala bidang diikuti dengan meningkatnya potensi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, disisi lain penggunaan alat dan peralatan dalam proses produksi di perusahaan dapat pula memberikan andil yang cukup besar terhadap keselamatan dan kesehatan para pekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu upaya peningkatan pengetahuan K3 bagi para pekerja khususnya bagi para operator alat-alat berat.

Dengan adanya peningkatan kemampuan teknis bagi pesawat tenaga dan produksi, diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan kerja, sehingga sasaran pelatihan/pembinaan dan pengawasan sesuai sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat tercapai dengan mengenai sasaran.

B. DASAR HUKUM

  • Undang-undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1970 Nomor 1, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1918);
  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 04/1985 tentang Pesawat Tenaga dan Produksi;
  • Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja  Pesawat tenaga dan Produksi;
  • Surat Edaran Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Nomor : SE. No.01/DJPPK/VI/2009 tentang, Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembinaan dan Pengujian Lisensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi Petugas dan Operator Pesawat Uap, Pesawat Tenaga dan Produksi, Pesawat Angkat dan Angkut.

C. MAKSUD, TUJUAN, DAN SASARAN

C.1 MAKSUD

Maksud dilakukannya kegiatan Pelatihan/Pembinaan Teknik K3  pesawat tenaga dan produksi adalah untuk memberikan pengetahuan teknis K3 kepada  teknisi, operator  dan ahli K3 bidang PTP, sedangkan tujuannya adalah untuk mengurangi angka kecelakaan kerja  yang disebabkan oleh kurangnya kemampunan/pengetahuan teknis operator dalam mengoperasikan pesawat tenaga dan produksi.

PT Karya Master Mandiri Indonesia (PT KMMI) adalah  Perusahan Jasa Pelaksana Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) yang ditunjuk oleh  Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada bidang kegiatan Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Tenaga dan Produksi. Berkomitmen melayani jasa pembinaan dan sertifikasi klien individual, perusahaan swasta, BUMN, Pemda, Perkebunan, perhutanan, Kelautan, Instansi Pemerintah dan para pihak yang berkepentingan.

C.2 TUJUAN

Tujuan mengikuti pelatihan /pembinaan teknik K3 peserta diharapkan dapat memperoleh Program Pelatihan/Pembinaan Teknik K3 dirancang untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan.

C.3 SASARAN

Setelah mengikti pelatihan/pembinaan peserta di harapkan mampu:

  1. Menjelaskan tentang peraturan dan perundangan yang berlaku;
  2. Memiliki pengetahuan dan keterampilan teknik K3 Pesawat Tenaga dan Produksi;
  3. Menjelaskan dan melaksanakan teknik K3 dalam pengoperasian Pesawat Tenaga dan Produksi;
  4. Menjelaskan tentang fungsi-fungsi  perlengkapan unit alat –alat Pesawat Tenaga dan  Produksi;
  5. Melaksanakan pengoperasian pesawat unit pesawat tenaga dan produksi;
  6. Menjelaskan dan melaksanakan perawatan dan pemeliharaan sesuai standar industri dan standar K3;
  7. Mampu meminimalkan resiko kecelakaan kerja yang akan terjadi;
  8. Mendapatkan lisensi (SIO), Sertifikat dan Buku Kerja sebagai bukti pengakuan legalitas dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

D. SILABUS PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR GENSET

No.MateriKelas IKelas II
IKELOMPOK DASAR
1Kebijakan dan dasar-dasar K342
2Peraturan Perundangan Pesawat Tenaga dan Produksi64
Undang-Undang No. 1 Tahun 1970
Permenaker No. 04 tahun 1985
Permenaker No. 38 Tahun 2016
IIKELOMPOK INTI
1Pengetahuan Dasar Penggerak Mula22
2Dasar-Dasar Kelistrikan (Instalasi Listrik)22
3Perangkat Keselamatan Kerja (Safety Devices)22
4Trouble Shooting22
5Sebab-Sebab Kecelakaan Pada Penggerak Mula22
6Sistem Pengendalian dan Pengoperasian Aman22
7Pemeliharaan, Pemeriksaan dan Pengujian2
8Pemeliharaan dan Pemeriksaan 2
IIIKELOMPOK PENUNJANG
1Lingkungan Kerja Dan Pengendaliannya2
2Dasar-Dasar Perhitungan Kapasitas2
3Pengetahuan Job Safety Analysis2
IVUJIAN
1Teori44
2Praktek66
JUMLAH4030

Note :
1 JP = 45 Menit
40 JP = 4 hari kerja
50 JP = 5 hari kerja

E. METODE PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR GENSET

  • Ceramah;
  • Diskusi;
  • Seminar;
  • Praktek Lapangan.

F. PERSYARATAN PESERTA PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR GENSET

  • Minimal berijazah SLTP/SLTA/Sederajat;
  • Memiliki pengalaman kerja 1 tahun dibidangnya;
  • Fotokopi surat keterangan sehat dari dokter;
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi KK;
  • Fotokopi Ijazah terakhir;
  • Pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 sebanyak 4 lembar dengan background berwarna merah mengenakan kemeja.

G. BIAYA PELATIHAN / PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR GENSET

Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000 per peserta
Biaya Pembinaan/Pelatihan dan Sertifikasi : Rp. 6.500.000/peserta
Note : (*) Kuota minimal per kelas yaitu 5 orang peserta

H. FASILITAS PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR GENSET

H.1 KELAS REGULER

  1. Kegiatan Teori dan Praktek;
  2. Hand Out Training per peserta;
  3. ATK per peserta;
  4. Sertifikat Teknik K3 dan Surat Ijin Operator (SIO);
  5. Dokumen kelengkapan penerbitan SIO dan Sertifikat K3 untuk pengajuan ke Kemenaker RI;
  6. Makan Siang dan Coffee Break (Pagi dan Sore) selama pelatihan berlangsung;
  7. Peminjaman Unit praktek dan APD.

H.2 KELAS INHOUSE

Silahkan hubungi tim kami pada nomer berikut :

CS KMMI      : 0813 8067 6001
Novita           : 0822 5586 5735
Novia             : 0857 4207 2993
Mukhsin       : 0813 8999 6553

I. JADWAL PELATIHAN/PEMBINAAN TEKNIK K3 DAN SERTIFIKASI OPERATOR GENSET

Link Jadwal Tentatif Tahun 2020

Training Operator Genset
admin

Recent Posts

Jasa Riksa Uji K3 Bulldozer

Jasa Riksa Uji K3 Bulldozer adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat berat…

6 days ago

Jasa Riksa Uji K3 Reach Stacker

Jasa Riksa Uji K3 Reach Stacker adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

6 days ago

Jasa Riksa Uji K3 Backhoe Loader

Jasa Riksa Uji K3 Backhoe Loader adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

6 days ago

Jasa Riksa Uji K3 Scissor Lift

Jasa Riksa Uji K3 Scissor Lift adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

1 week ago

Jasa Riksa Uji K3 Conveyor

Jasa Riksa Uji K3 Conveyor adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat berat…

1 week ago

Jasa Riksa Uji K3 Wheel Loader

Jasa Riksa Uji K3 Wheel Loader adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

1 week ago