Riksa Uji Forklift

Riksa Uji Forklift

Riksa Uji Forklift adalah pengujian berkala atau baru pada mobil berjalan atau kendaraan yang memiliki 2 garpu yang bisa digunakan untuk mengangakat pallet. Garpu forklift pada umumnya kompatibel dengan pallet yang beredar di pasaran. Biasanya barang diletakkan di atas pallet, baru kemudian barang dipindahkan atau diangkat.

Ada beberapa sumber energi yang bisa membuat Forklift beroperasi, di antaranya bahan bakar solar, bahan bakar gasoline, gas, dan battery. Biasanya forklift digunakan di pabrik, garment, ataupun pergudangan. Forklift dengan bahan bakar solar dan gasoline biasanya digunakan di luar ruangan. Sedangkan forklift yang menggunakan gas dan battery banyak digunakan di dalam ruangan. Hal ini karena forklift yang menggunakan gas dan battery tidak menghasilkan asap polusi.

Hal ini sangat penting untuk beberapa perusahaan seperti, industri garmen, makanan, minuman, dan perusahaan lainnya yang mengharuskan kondisi bebas polusi/asap.
Berdasarkan cara pengoperasiannya, forklift dibedakan menjadi 2 jenis yaitu manual transmission dan automatic transmission.

Sebelum menggunakan forklift sebaiknya anda menggunakan pengaman seperti helm, sepatu, masker, dan kaca mata agar dapat memenuhi standarisasi mengemudikan forklift yg aman, baik, dan benar.

Berdasarkan Undang-Undang No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan peraturan pelaksanaannya pada Permen No.4/MEN/85 tentang Pesawat Angkat dan Angkut (misal: forklift, backhoe, loaders, excavators, cranes), mewajibkan perusahaan mempunyai Ahli K3 agar pelaksanaan K3 di tempat kerja berjalan optimal. Pelatihan Ahli k3 Bidang Pesawat Angkat & Angkut (PAA) dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan menuju produktivitas dan efisiensi untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

TUJUAN DARI RIKSA UJI FORKLIFT:

  1. Memenuhi persyaratan Peraturan Perundangan yang berlaku
  2. Menguji kelayakan Pesawat Angkat & Angkut
  3. Memeriksa dan menguji kekuatan konstruksi (Integritas Structur)
  4. Membuktikan Kestabilan dalam operasi
  5. Untuk mendapatkan Sertifikat / Ijin Pemakaian atau Re-sertifikasi (berkala)

DASAR HUKUM RIKSA UJI FORKLIFT :

  1. Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan
  2. 2.Permenaker No. 05/Men/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut
  3. Permenaker No. 02/Men/1982 tentang Kualifikasi Juru Las di tempat Kerja
  4. Permenaker No. 09/Men/2010 tentang Kualifikasi dan Syarat-syarat Operator Keran Angkat
  5. Standard International (Pedoman)

RUANG LINGKUP RIKSA UJI FORKLIFT :

  1. Pemeriksaan Kelengkapan  Dokumen :

Data Umum

  • Pemilik
  • Alamat
  • Pemakai
  • Pengurus / Sub Kontraktor /
  • Penanggung jawab
  • lokasi unit
  • Nama Operator
  • Jenis Pesawat
  • Pabrik Pembuat
  • Merek / Type
  • Tahun Pembuatan
  • No. Seri / No. Unit
  • Kapasitas Angkat
  • Standard Yang Dipakai
  • Digunakan Untuk

Data Teknis

  • Spesifikasi Electro Motor, Spesifikasi Wire Rope
  • Spesifikasi Unit, Spesifikasi Engine
  • Lisensi K3 Operator
  • Surat Permohonan K3

2. Pemeriksaan visual :

  • Chasis
  • Powertrain
  • Sistem Hidrolik
  • Sistem Elektrik
  • Engine
  • Attachment

3. Pengukuran :

  • Wire Rope
  • Hook
  • Drum
  • Attachment

4. Analisa :

  1. Perhitungan Wire Rope :
    SWL dari wire rope
    Maksimal penyusutan
  2. Perhitungan Drum
    Diameter minimal
    Tebal minimal
    Panjang minimal
    Jumlah Alur minimal
  3. Perhitungan Batang Hooks
    Beban maksimal yang diizinkan pada Hooks
    Tinggi minimal mur yang diizinkan
    Kekuatan penampang kritis A-A
    Kekuatan penampang kritis B-B
  4. Daya minimal elektro motor
  5. Maksimal Defleksi Girder
  6. Perhitungan tali temali wire rope sling
    Tali temali tunggal
    90 derajat
    60 derajat
    45 derajat
    30 derajat

5. Pengujian Tidak Merusak :

  • Hook
  • Sambungan las-lasan sebagai tumpuan

6. Pengujian Operasional

  • Lifting
  • Lowering
  • Holding
  • Swing
  • Slewing
  • Brake
  • Traversing
  • Travelling
  • Erecting
  • Transmisi pengaturan kecepatan
  • Safety Device
  • Lampu
  • Klakson

7. Pengujian Beban

Dinamis

  • 25 %
  • 50 %
  • 75 %
  • 100 %

Statis

  • 110 %
  • Overhead Travelling Crane 125%

8. Pembuatan Laporan hasil Pemeriksaan dan Penguiian di Lapangan

9. Kesimpulan Hasil Pemeriksaan & Pengujian Bila Ditemukan Kelainan (Standar/Spesifikasi) dan Saran yang berhubungan dengan keselamatan, kesehatan Keria dan Lingkungan.

Sehubungan dengan hal tersebut Kami PT KARYA DERAS JAYA sebagai Group dari perusahaan PT. KARYA MASTER MANDIRI INDONESIA PJK3 yang ditunjuk oleh KEMENAKER RI untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian serta memberikan Sertifikasi dan resertifikasi untuk alat-alat sebagai berikut :

  1. Uji Riksa Pesawat Angkat Angkut (PAA)
  2. Uji Riksa Pesawat Uap Bejana Tekan (PUBT)
  3. Uji Riksa Pesawat Tenaga Produksi (PTP)
  4. Uji Riksa Instalasi Listrik
  5. Proteksi Kebakaran
  6. Uji Riksa Eskalator dan Elevator

Utk Informasi Lebih Lanjut atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat KDJ yg ada di bawah Page, atau Chat via WA kami Click..

Riksa Uji Forklift
admin

Recent Posts

Jasa Riksa Uji K3 Bulldozer

Jasa Riksa Uji K3 Bulldozer adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat berat…

6 days ago

Jasa Riksa Uji K3 Reach Stacker

Jasa Riksa Uji K3 Reach Stacker adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

6 days ago

Jasa Riksa Uji K3 Backhoe Loader

Jasa Riksa Uji K3 Backhoe Loader adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

6 days ago

Jasa Riksa Uji K3 Scissor Lift

Jasa Riksa Uji K3 Scissor Lift adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

1 week ago

Jasa Riksa Uji K3 Conveyor

Jasa Riksa Uji K3 Conveyor adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat berat…

1 week ago

Jasa Riksa Uji K3 Wheel Loader

Jasa Riksa Uji K3 Wheel Loader adalah pengujian berkala atau baru pada mesin pengeruk alat…

1 week ago