Riksa Uji Instalasi Listrik dan Penyalur Petir  akan memastikan kelayakan dari sebuah instalasi listrik dan penyalur petir yang terpasang. Setiap instalasi Penangkal Petir sebaiknya diperiksa setiap setahun sekali yang dilakukan menjelang musim penghujan (Internal Cek) , diharapkan selama musim penghujan instalasi yang telah terpasang dapat berfungsi dengan baik sehingga bangunan akan aman dan terlindungi serta terhindar dari bahaya sambaran petir.

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.15 Tahun 2015, tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Listrik di Tempat Kerja:

1. Pemeriksaan

merupakan kegiatan penilaian dan pengukuran terhadap instalasi, perlengkapan dan peralatan listrik untuk memastikan terpenuhinya standar bidang kelistrikan dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemeriksaan secara berkala dilakukan paling sedikit 1 (satu) tahun sekali.

2. Pengujian

merupakan kegiatan penilaian, perhitungan, pengetesan dan pengukuran terhadap instalasi, perlengkapan dan peralatan listrik untuk memastikan terpenuhinya standar bidang kelistrikan dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengujian secara berkala dilakukan paling sedikit 5 (lima) tahun sekali.

3. Pemeriksaan dan pengujian wajib dilakukan pada perencanaan, pemasangan, penggunaan, perubahan, dan pemeliharaan untuk kegiatan pembangkitan, transmisi, distribusi dan pemanfaatan listrik.

Tujuan Pelaksanaan K3 Listrik ini adalah:

  1. Melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja dan orang lain yang berada di dalam lingkungan tempat kerja dari potensi bahaya listrik.
  2. Menciptakan instalasi listrik yang aman, handal dan memberikan keselamatan bangunan beserta isinya.
  3. Menciptakan tempat kerja yang selamat dan sehat untuk mendorong produktivitas.

Dalam melakukan Pemeriksaan dan Pengujian Listrik, kita mengacu pada:

  1. Undang-Undang Nomor 1 tahun 1970, tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja.
  2. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 12 tahun 2015, tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Listrik Di Tempat Kerja.
  3. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 33 tahun 2015, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 12 Tahun 2015 tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Listrik Di Tempat Kerja.
  4. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 1989, tentang Pengawasan Instalasi Penyalur Petir.
  5. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 31 tahun 2015, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 1989 tentang Pengawasan Instalasi Penyalur Petir.
  6. Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2011), SNI, IEC, IEEE.

Ruang Lingkup Pemeriksaan dan Pengujian Listrik:

  1. Pembangkit Listrik
  2. Transmisi Listrik
  3. Distribusi Listrik
  4. Pemanfaatan Listrik / Instalasi Listrik
  5. Instalasi Penyalur Petir

Adapun Prosedur yang dilakukan pada saat melakukan Pemeriksaan dan Pengujian:

  1. Pemeriksaan Dokumen
  2. Pemeriksaan Visual
  3. Pengukuran
  4. Pengujian

Sehubungan dengan hal tersebut Kami PT KARYA DERAS JAYA sebagai Group dari perusahaan PT. KARYA MASTER MANDIRI INDONESIA PJK3 yang ditunjuk oleh KEMENAKER RI untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian serta memberikan Sertifikasi dan resertifikasi untuk alat-alat sebagai berikut :

  1. Uji Riksa Pesawat Angkat Angkut (PAA)
  2. Uji Riksa Pesawat Uap Bejana Tekan (PUBT)
  3. Uji Riksa Pesawat Tenaga Produksi (PTP)
  4. Uji Riksa Instalasi Listrik
  5. Proteksi Kebakaran
  6. Uji Riksa Eskalator dan Elevator

Utk Informasi Lebih Lanjut atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat KDJ yg ada di bawah Page, atau Chat via WA kami Click..  

Uji Riksa Instalasi Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *