Uji Riksa Eskalator dan Elevator tiap-tiap tahun adalah suatu keharusan, yaitu pengujian terhadap alat-alat pengaman termasuk rem, relay, sekering (fuse) dan saklar. Juga pemeriksaan terhadap kerusakan/cacat landas pendaratan, anak tangga (retak), panel balustrade, sisir (combplate) dan cacat pada ban pegangan (hand rail). Semua itu adalah sumber-sumber kecelakaan yang harus dicegah.

Uji Riksa Eskalator dan Elevator

Eskalator atau tangga jalan adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau rantai yang digerakkan oleh motor. Karena digerakkan oleh motor listrik , tangga berjalan ini dirancang untuk mengangkut orang dari bawah ke atas atau sebaliknya. Untuk jarak yang pendek eskalator digunakan di seluruh dunia untuk mengangkut pejalan kaki yang mana menggunakan elevator tidak praktis. Pemakaiannya terutama di daerah pusat perbelanjaan, bandara, sistem transit, pusat konvensi, hotel dan fasilitas umum lainnya. Keuntungan dari eskalator cukup banyak seperti mempunyai kapasitas memindahkan sejumlah orang dalam jumlah besar dan tidak ada interval waktu tunggu terutama di jam-jam sibuk dan mengarahkan orang ke tempat tertentu seperti ke pintu keluar, pertemuan khusus, dll.

Uji Riksa Eskalator dan Elevator

Elevator adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai. Gedung-gedung yang lebih rendah biasanya hanya mempunyai tangga atau eskalator. Lift-lift pada zaman modern mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka, Terdapat tiga jenis mesin, yaitu Hidraulik, Traxon atau katrol tetap, dan Hoist atau katrol ganda, Jenis hoist dapat dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu hoist dorong dan hoist tarik.

SYARAT-SYARAT UJI RIKSA ESKALATOR DAN ELEVATOR

1. Eskalator yang baru selesai dipasang harus mengalami pemeriksaan dan pengujian dengan disaksikan oleh pihak-pihak yang berwenang. Kemudian pemeriksaan dan pengujian diulang kembali tiap-tiap tahun (annual inspection and testing).

2. Riksa uji harus dilaksanakan bersama-sama oleh dua orang teknisi, yaitu seorang yang kompeten dan pengalaman dan seorang pembantu. Sebaiknya pengurus bangunan ikut terlibat dalam pemeriksaan dari awal sampai akhir.
Catatan-1 : Prosedur pemeriksaan dan pengujian dapat saja berbeda diantara perusahaan perusahaan jasa (PJK3) dan pabrikan – pabrikan. Yaitu urutan-urutan pemeriksaan dan kriteria atau batasan-batasan yang dianjurkan diantara pabrik – pabrik pembuat.

3. Persiapan pelaksanaan meliputi :
a. Mempelajari dokumen spesifikasi teknis gambar layout dan gambar kerja untuk dibandingkan dengan SNI (03.6248.2000) dan peraturan lain yang berlaku. Sekiranya ada penyimpangan perlu dicatat dan diberi komentar dimana perlu untuk menjadi perhatian. b. Memasang barikade dikedua ujung landas agar orang umum tidak mengganggu pekerjaan teknisi pemeriksa.
c. Memeriksa besaran sekering pada pemutus sumber tenaga (main switch breaker). Hal persiapan tersebut diatasperlu kerjasama dengan pengurus bangunan.

4. Kedua tehnisi pemeriksa/penguji harus berpakaian baju lengan pendek, tidak memakai jam tangan dan cicin, rambut sebaiknya pendek dan memakai sepatu safety (sol tidak licin). Mereka harus siap dengan daftar atau formulir isisan atau check list, dan lampu senter baterai model saku, palu karet, alat-alat perkakas seperlunya, dan instrumen pengukur.

MAKSUD DAN TUJUAN  UJI RIKSA ESKALATOR DAN ELEVATOR  :

  1. Mencegah mengurangi bahkan menghilangkan resiko kecelakaan kerja (zero accident), Mencegah terjadinya cacat/kematian pada tenaga kerja.
  2. Mencegah kerusakan tempat dan peralatan kerja, Mencegah pencemaran lingkungan dan masyarakat disekitar tempat kerja.
  3. Norma kesehatan kerja diharapkan menjadi instrumen yang menciptakan dan memelihara derajat kesehatan kerja.

TUJUAN Pelaksanaan syarat K3 Elevator dan Eskalator sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Permenaker No.6 Tahun 2017 :

  1. Melindungi tenaga kerja dan orang lain yang berada di Tempat Kerja dari potensi bahaya Elevator dan Eskalator
  2. Menjamin dan memastikan Elevator dan Eskalatoryang aman, handal dan memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan bagi pengguna
  3. Menciptakan Tempat Kerja yang aman dan sehat untuk meningkatkan produktivitas

DASAR HUKUM DAN REFERENSI UJI RIKSA ESKALATOR DAN ELEVATOR :

Dasar Hukum :

  1. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1970, tentang Keselamatan Kerja;
  2. Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor:  PER.6/MEN/2017, tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Elevator dan Eskalator.

Referensi :

  • ASME A17-1-2000 mengenai Safety Code For Elevators and Escalators, American Society of Mechanical Engineers
  • ASME A17-2-2001 mengenai Guide For Inspection of Elevators, Escalators, and Moving Walks, American Society of Mechanical Engineers
  • SNI 03-2190-1999 mengenai Syarat-syarat umum Konstruksi Lif Penumpang yang dijalankandengan Motor Traksi
  • SNI 03-7017.1-2004 mengenai Pemeriksaan dan Pengujian Lif Traksi pada Bangunan Gedung, Pemeriksaan dan Pengujian serah terima
  • SNI 03-7017.2-2004 mengenai Pemeriksaan dan Pengujian Lif Traksi pada Bangunan Gedung, Pemeriksaan dan Pengujian Berkala

Sehubungan dengan hal tersebut Kami PT KARYA DERAS JAYA sebagai perusahaan PJK3 yang ditunjuk oleh KEMENAKERTRANS RI melakukan pemeriksaan dan pengujian Eskalator dan Elevator serta memberikan sertifikasi dan resertifikasi alat-alat PAA, PUBT, PTP, Proteksi Kebakaran dan Instalasi Listrik.

Sehubungan dengan hal tersebut Kami PT KARYA DERAS JAYA sebagai Group dari perusahaan PT. KARYA MASTER MANDIRI INDONESIA PJK3 yang ditunjuk oleh KEMENAKER RI untuk melakukan pemeriksaan dan pengujian serta memberikan Sertifikasi dan resertifikasi untuk alat-alat sebagai berikut :

  1. Uji Riksa Pesawat Angkat Angkut (PAA)
  2. Uji Riksa Pesawat Uap Bejana Tekan (PUBT)
  3. Uji Riksa Pesawat Tenaga Produksi (PTP)
  4. Uji Riksa Instalasi Listrik
  5. Proteksi Kebakaran
  6. Uji Riksa Eskalator dan Elevator

Utk Informasi Lebih Lanjut atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat KDJ yg ada di bawah Page, atau Chat via WA kami Click..  

BACA JUGA : RIKSA UJI PESAWAT ANGKAT ANGKUT

Uji Riksa Eskalator dan Elevator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *